Windows Deployment Service atau disingkat WDS adalah sebuah teknologi dari microsoft yang digunakan untuk menginstall sistem  operasi Microsoft Windows melalui Jaringan (Network). WDS merupakan penerus dari teknologi serupa sebelumnya yang bernama RIS (Remote Installation Support), WDS biasa digunakan dalam proses deployment Windows Vista, Windows 7 dan Windows Server 2008, walaupun begitu WDS juga dapat digunakan untuk proses sistem operasi lainnya, WDS bekerja dengan menggunakan disk image khusus yaitu Windows Imaging Format (WIM), WDS tersedia sebagai Server Role di semua versi Microsoft Windows Server 32-bit dan 64-Bit, dimulai dari Windows Server 2003 Service Pack 2.

WDS Roles di Server Roles Windows Server 2008
Secara garis besar komponen dari Windows Deployment Services dapat digolongkan menjadi 3 kategori :
  • Komponen Server, Komponen ini termasuk Pre-Boot Execution Environment (PXE) server dan Trivial File Transfer Protocol (TFTP) server yang digunakan untuk client network booting agar load dan menginstall sistem operasi. Juga termasuk didalamnya shared folder dan image repository yang berisi boot images, install images, dan file yang dibutuhkan untuk boot image. Juga terdapat networking layer, komponen multicast, dan komponen diagnosis.
  • Komponen Client, Komponen ini termasuk graphical user interface yang berjalan bersama dengan Windows Pre-Installation Environment (Windows PE). Ketika user memilih image sistem operasi, komponen client berkomunikasi dengan komponen server untuk menginstall image.
  • Komponen Management, Komponen ini terdiri dari kumpulan tools yang anda gunakan untuk mengatur server, images sistem operasi, dan client komputer accounts
Windows Deployment Services dapat dikonfigurasi dengan menggunakan Windows Deployment Services MMC snap-in atau dengan menggunakan WDSUTIL pada command prompt.

Menambahkan WDS roles di Windows Server 2003 SP2
Satu hal yang perlu diketahui WDS hanya bisa di install pada versi Windows server, dan berikut adalah syarat yang dibutuhkan untuk menginstall role WDS pada windows server.
  • Active Directory Domain Services
  • DHCP
  • DNS
  • NTFS volume
  • Credentials
Penampakan proses PC Client Boot dari WDS Server :

Proses Boot dari PC Client menggunakan Network PXE Boot
Boot menu dan opsi yang bisa diatur di server
PC-Client memuat (load) sistem operasi
yang akan dijalankan dari WDS Server
WDS siap digunakan untuk menginstall Sistem Operasi
WDS membutuhkan autentifikasi untuk proses Installasi
Lebih lanjut mengenai WDS bisa merujuk kedaftar pustaka yang saya sertakan ;;)
Semoga dapat menambah sedikit pengetahuan kita mengenai sistem operasi microsoft Windows ;)

Artikel ini saya muat sebagai pengantar untuk beberapa artikel selanjutnya mengenai installasi sistem operasi microsoft windows melalui jaringan tanpa menggunakan Windows Server  dan WDS :D

Daftar Pustaka :
Microsoft Innovation Center ITB : Panduan untuk WDS in Windows Server 2008 Windows
http://en.wikipedia.org/wiki/Windows_Deployment_Services , 01/06/2011
http://msdn.microsoft.com/en-us/library/aa967394.aspx , 01/06/2011
http://go.microsoft.com/fwlink/?LinkId=66145 , 01/06/2011